Berencana untuk menghabiskan liburan Anda di Indonesia? Pastikan Anda sudah membaca informasi-informasi singkat di halaman ini sebelum berangkat berlibur.

Cuaca dan Musim

Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Musim kemarau biasanya berlangsung dari bulan Juni sampai dengan September, sedangkan musim hujan berlangsung antara bulan Oktober hingga Mei. Sementara cuaca di Indonesia umumnya cerah, berawan dan hujan. 

Visa
Setiap wisatawan yang berkunjung ke Indonesia harus memperoleh visa dari salah satu misi diplomatik Indonesia kecuali berasal dari salah satu negara bebas visa atau negara yang menetapkan visa setelah kedatangan. Visa Indonesia berbentuk stiker yang tercantum ke dalam paspor pemohon.

Sebanyak 169 Negara bebas visa untuk kunjungan ke Indonesia. Visa ini berlaku untuk 30 hari dan tidak dapat diperpanjang. Menurut peraturan President Nomor 104 tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2015 tentang Bebas Visa Kunjungan menyebutkan daftar 75 negara baru penerima bebas visa kunjungan. Adapun 75 negara tersebut adalah Afrika Selatan, Aljazair, Amerika Serikat, Angola, Argentina, Austria, Azerbaijan, Bahrain, Belanda, Belarusia, Belgia, Bulgaria, Ceko, Denmark, dan Dominika, Estonia.

Kemudian Fiji, Finlandia, Ghana, Hongaria, India, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Kazakhstan, Kirgistan, Kroasia, Korea Selatan, Kuwait, Latvia, Lebanon, Liechtenstein, Lithuania, Luxemburg, Maladewa, Malta, Meksiko, Mesir, Monako, Norwegia, Oman, Panama, Papua New Guinea, Perancis, Polandia, Portugal, Qatar, Republik Rakyat Tiongkok, Rumania, Rusia, San Marino, Saudi Arabia, Selandia Baru, Seychelles, Siprus, Slovakia , Slovenia, Spanyol, Suriname, Swedia, Swiss, Taiwan, Tanzania, Timor Leste, Tunisia, Turki, Uni Emirat Arab, Vatikan, Venezuela, Yordania dan Yunani.

Kemudian Perpres terbaru, Nomor 21 Tahun 2016 tentang Bebas Visa Kunjungan pada 2 Maret 2016 untuk 84 negara. Daftar tersebut adalah Australia, Antigua & Barbuda, Armenia, Albania, Andora, Bahama, Bangladesh, Barbados, Belize, Benin, Bhutan, Bolivia, Bosnia & Herzegovina, Bostwana, Brazil, Burkina Faso, Burundi, Chad, Chili, Ekuador, El Savador, Gabon, Gambia, Georgia, Grenada, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Hongkong (SAR), Jamaika, Kenya, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Kiribati, Komoro, Kuba, Lesotho, Makau (SAR), Madagaskar, Makedonia, Mauritius, Mauritania, Malawi, Mali, Maroko, dan Mongolia.
Selanjutnya, Mozambik, Moldova, Namibia, Nepal, Nikaragua, Palestina, Palau, Pantai Gading, Paraguay, Peru, Puerto Rico, Republik Dominika, Rwanda, dan Saint Kitis dan Navis,Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadis, Samoa, Sao Tome dan Principe, Serbia, Sri Lanka, Swaziland, Tajikistan, Tahta Suci Vatikan, Tanjung Verde, Togo, Tonga, Trinidad dan Tobago, Turkmenistan, Tuvalu, Uganda, Ukraina, Uruguay, Uzbekiztan, Vanuatu, Zambia, dan Zimbabwe.

Setiap wisatawan juga harus memiliki paspor yang berlaku selama 6 bulan. Sebelum kedatangan, biasanya wisatawan dari luar negeri mendapatkan kartu 'kedatangan dan keberangkatan' dan lembar 'keberangkatan'-nya harus disimpan untuk dikembalikan ke petugas imigrasi sebelum meninggalkan Indonesia.

Kategori kunjungan
1. Kunjungan diplomatik atau dinas. Ini adalah jenis kunjungan yang hanya mengeluarkan visa sekali masuk atau beberapa kali masuk ke Indonesia.
2. Kunjungan untuk visa sekali masuk untuk wisatawan dalam rangka wisata, transit, usaha, kerjasama bilateral, kunjungan sosial , bekerja berdasarkan izin Dirjen Imigrasi, bergabung dengan orangtua warganegara Indonesia atau orang tua yang memiliki kartu ijin tinggal terbatas/tetap, atau bergabung dengan suami warganegara Indonesia atau suami/istri yang memiliki kartu ijin tinggal terbatas/tetap.
3. Kunjungan usaha beberapa kali perjalan dan diberikan visa untuk beberapa kali masuk ke Indonesia dalam periode 1 tahun dengan maksimum izin tinggal setiap kali kunjungan adalah 60 hari tanpa perpanjangan waktu.

Mata uang dan biaya

Mata uang Indonesia bernama rupiah di mana pencetakan dan pengaturannya dilakukan oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Selain nama rupiah, orang Indonesia biasanya menyebut mata uang ini dengan nama 'perak'.

Mata uang asing dapat dengan mudah ditukar di bank Indonesia maupun toko money changer yang beredar di Indonesia.

Perbankan
Bank di Indonesia mulai beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 setiap senin hingga kamis, hari jumat operasional hanya sampai pukul 14.00. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) tersedia di setiap bank dan mudah sekali ditemukan di tempat umum seperti pusat perbelanjaan hingga di pinggir jalan.

Nilai mata uang
Koin terdiri dari 25, 50, 100, 200, 500, 1.000
Uang kertas terdiri dari nominal 1.000, 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000, 100.000

Memberi tip dan biaya layanan
Di Indonesia menjadi tradisi yang dipengaruhi oleh kebudayaan luar. Tujuan utama dari pemberian tip adalah menunjukan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Di sejumlah restoran mulai dikenal 10% biaya servis charge yang dimasukkan ke dalam tagihan. Tradisi tip juga bisa dijumpai pada porter di bandara yang biasanya mematok Rp. 1.000 untuk setiap koper. Supir taksi di Indonesia juga sering meminta tip dengan membulatkan angka kelipatan Rp. 1.000.

Akomodasi
Penginapan di Indonesia cukup beragam mulai dari hotel berbintang lima, hostel, villa, resort atau homestay. Mulai dari tempat yang mewah, sederhana, hingga yang menganut konsep kembali ke alam. Setidaknya, ada lebih dari 2.000 penginapan di Indonesia.

Berkendara
Indonesia adalah negara yang menganut sistem berkendara di jalur kiri dan posisi kemudi di kanan. Hanya ada 36% negara di dunia yang menerapkan aturan ini. Sistem berkendara di jalur kiri juga diterapkan di Inggris, Jepang, Australia, dan negara bekas jajahan Inggris lainnya.

Transportasi umum
Indonesia adalah negara dengan tingkat kemacetan yang tinggi. Himbauan menggunakan kendaraan umum menjadi solusi bagi masalah tersebut. Transportasi umum yang tersedia saat ini di Indonesia adalah berupa taksi, kereta api, commuterline, bis umum, dan maskapai penerbangan serta transportasi laut seperti kapal Feri. Indonesia saat ini juga sedang merancang MRT, LRT dan alat transportasi lain yang akan semakin memudahkan warga maupun pelancong. 

Beberapa pilihan agenda liburan

Berapa lama durasi liburan yang tepat di Indonesia? Indonesia adalah negara yang luas
Indonesia memiliki destinasi-destinasi yang menarik, bahkan tak cukup jika dihitung dengan jari. Untuk menjelajah Indonesia setidaknya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.