Danau Toba

Berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, air yang biru jernih serta bukit-bukit hijau di sekitarnya membuat danau toba begitu istimewa. Belum lagi udara sejuk di tepiannya serta luasnya danau yang nampak bagaikan lautan. Bahkan di salah satu tepian danau kebanggaan masyarakat Medan ini memiliki pasir putih layaknya pantai. Danau Toba sempurna membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Secara administratif Danau Toba terletak di wilayah Provinsi Sumatera Utara dengan koordinat geografi 3,58°LU 98,67°BT, jika dari kota Medan Anda harus menempuh jarak sekitar 75 kilometer untuk sampai ke lokasi ini. Danau toba dikelilingi oleh gunung berapi yang termasuk bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Terdapat banyak pohon pinus dan eau yang cantik di sekitar danau. Tak hanya itu, di sebelah utara Danau Toba Anda bisa menjumpai berbagai fauna seperti orangutan, lutung dan beberpaa jenis monyet. Sementara di bagian selatan terdapat monyet lingur, ingkir dan tapir.

Danau Toba merupakan sebuah danau vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung toba puluhan ribu tahun yang lalu. Letusan yang telah memuntahkan 2800 kilometer bahan vulkanik telah menyebabkan terbentuknya sebuah kaldera seluas 1.145 kilometer persegi. Kemudian tekanan magma yang belum keluar menghasilkan Pulau Samosir di tengah danau. Setelah kejadian letusan, dunia menjadi gelap gulita, dan erupsi Toba membawa volcano winter yang menyebabkan turunnya temperatur di seluruh dunia hingga kisaran 3 sampai 5 derajat celcius sehingga menyebabkan zaman es selama enam bulan. Sejarah  tersebut memiliki daya tarik tersendiri sehingga Indonesia menetapkan Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan Indonesia.

Karena saking luasnya danau ini, tak heran jika Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar di Asia Tenggara. Kedalamannya yang mencapai 450 meter ini menjadi danau yang paling dalam di dunia. Danau Tona pun kini dikelola oleh Badan Otoritas Pariwisata yang dibentuk oleh Kemenpar yang berisikan para ahli, pemda, dan pemerintah pusat.

Aktifitas

Melihat rumah adat Batak di pulau Samosir

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Danau Toba, begitu pula banyak tempat yang wajib Anda kunjungi di sana. Ada Pulau Samosir yang masih memegang teguh budaya batak yang kental menjadi destinasi yang wajib disinggahi. Di sana Anda bisa melihat bagaimana tarian si gale-gale yang begitu populer dengan cerita mistisnya. Kemudian rumah adat batak yang masih terpelihara baik hingga sekarang, bebatuan yang dibentuk menjadi kursi raja hingga batu eksekusi. Di pulau ini, pengunjung juga bisa melihat makam Raja Sidabutar yang berusia 450 tahun yang menjadi penguasa Pulau Samosir. Uniknya lagi, di pulau seluas negara Singapura ini terdapat danau di atas danau dan beberapa air terjun cantik. Samosir juga dijadikan kawasan pusat geopark karena keindahan Danau Toba dibalut dengan kebudayaan Batak.

Mendaki menuju desa Tongging

Kemudian, bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau terbesar se-Asia Tenggara ini dari ketinggian, Anda patut mendatangi Desa Tongging. Dari desa yang memiliki ketinggian 900 mdpl ini hamparan birunya air danau akan bertambah indah berlipat-lipat ganda. Masih di tempat yang sama, pengunjung juga bisa menjamah air terjuh Sipiso-piso yang dinobatkan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

Banana boat, berenang di danau Toba

Letih menjelajah Danau Toba, Anda bisa bersantai di pasir putih Parbaba masih di area pesisir danau ini. Jangan bayangkan seperti pantai daratan rendah yang memiliki gulungan ombak. Meski sama-sama berpasir putih, namun perairan di sini adalah air danau toba bukan air asin seperti pada pantai umumnya. Banyak sekali aktivitas pengunjung seperti bersantai di atas kursi, bermain banana boat, perahu cepat, bermain pasir, dan tentu saja berenang.

Tak lengkap jika berkunjung ke Danau Toba tanpa menyambangi desa tradisonal Jangga. Di sana pengunjung akan terpukau dengan keindahan kain ulos khas Batak. Ini adalah kain tenun yang berwarna hitam, putih, atau merah mengkilau berpadu dengan warna perak atau emas. Setiap motif dalam kain ini mencerminkan tentang filosofi kehidupan masyarakat Batak yang menarik untuk menjadi oleh-oleh. 

Waktu terbaik mengunjungi danau toba adalah pada bulan April dan Agustus. Karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cukup cerah untuk menikmati keindahan Danau Toba. Namun, Anda juga bisa mengunjungi danau ini di waktu-waktu tertentu seperti ketika digelarnya festival.

Menuju Lokasi

Jika Anda berangkat dari luar kota, Anda bisa menumpang pesawat dan turun di Bandara Kualananamu. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta, bus, bahkan taksi ke lokasi danau Toba yang berada di kota Parapat.

Kemudian untuk mengunjungi Pulau Samosir, Anda bisa melalui pelabuhan di Prapat yaitu Pelabuhan Ajibata. Di sana ada beberapa kapal feri yang bisa mengantar pengunjung menuju pelabuhan Tomok di Pulau Samosir. Atau jika ingin menggunakan kapal kecil, Anda bisa ke Pelabuhan Tiga Raja yang akan mengantarjab Abda ke desa Tuk-tuk atau Tomok.

Hotel dan Akomodasi terdekat

{vi_accommodation}2.6110962|98.6958838{/vi_accommodation}
(Image Source: Flicker and or Google Places API. Term and Condition referred to Flicker and Google Places API)